Home » , , , » Review FIlm Kafir (2018) : Asyik sih Kemasannya, Tapi...

Review FIlm Kafir (2018) : Asyik sih Kemasannya, Tapi...


     Perlu diakui semenjak beberapa film horor yang super laris di tahun 2017, membuat 2018 menjadi tahunnya film horor. Puluhan bahkan mungkin ratusan film horor di produksi dan tayang di bioskop. Hampir setiap minggu masuk film baru, selalu ada film horor disana. Penambahan kuantitas film horor jika dibarengin dengan kualitas yang meningkat, adalah sebuah keharusan. Namun apakah memang begitu realita? Ternyata tidak. Banyak film horor yang dikerjakan seadanya, kejar tayang, atau sekedar buat 'mencari nafkah'. Tidak ada yang salah dengan mencari nafkah, karena film memang sebuah industri yang besar. Namun sebuah produksi besar yang mengabaikan kualitas, ini baru salah! Lalu ada di barisan film horor jenis kuantitas atau kualitas kah film Kafir?


     |POSTER & TRAILER| Kafir punya poster yang cukup sederhana. Seorang wanita yang akan terkubur di liat lahat. Ada banyak tangan misterius di sekeliling untuk menahan dia tak pergi. Walaupun tangan wanita itu mencoba meraih ke atas untuk menyelamatkan diri, sepertinya terlambat. Karena mata wanita itu sudah berubah putih. Seperti dikendalikan oleh makhluk lain. Konsep yang menarik. Mengingat di dalam film juga ada adegan semacam ini. Sehingga antara poster dan film, masih memiliki benang merah.


     Kafir dengan berani menyuguhkan trailer yang bisa dibilang cukup komplit. Menampilkan banyak cuplikan adegan yang mengerikan. Ini adalah poin positif bagi sebuah trailer, sehingga bisa memikat calon penonton. Bagusnya lagi, walaupun menampilkan banyak adegan, Kafir tetap meninggalkan jejak-jejak blank dalam trailernya, yang membuat penonton justru semakin penasaran. Kafir juga masih berhasil menjaga twistnya dengan baik di trailer.


     |CERITA| Sejak awal, Kafir memberikan atmosphere yang mencekam, sekalipun adegan sedang biasa saja. Inilah treatment yang dipertahankan sepanjang film. Kafir sejatinya memang bukan horor yang berfokus pada makhluk, tapi lebih kepada mistis dan klenik. Dengan pembawaan yang kelam dan mencekam saja, Kafir berhasil membuat penonton tidak tenang selama menontonnya. Walaupun bukan berarti Kafir tidak memiliki kekuarangan. Beberapa dialog/adegan yang cukup konyol, terkadang jadi merusak sisi mencekam yang sudah dibangun sejak awal oleh Kafir. Jumpscare yang sebenarnya tidak perlu, apalagi yang dipaksa untuk diadakan, menjadi boomerang sendiri bagi Kafir.


     |VISUAL| Color grading! Satu hal yang paling mencolok sejak trailer film ini direlease. Di film pun, Kafir berhasil untuk konsisten menghadirkan grading seperti ini. Entah apa alasan sebenarnya pembuat film membuat pewarnaan seperti ini, tapi penonton jadi merasa cukup tertekan dengan grading semacam ini. Tertekan disini, dalam artian yang bagus. Karena memang tujuan film horor untuk itu. Membuat penonton merasa tertekan, tidak nyaman, was-was, curiga, dan hal-hal sejenisnya. Kafir berhasil memanfaatkan visualnya untuk menunjang cerita, tidak hanya sekedar gambar yang indah, tapi juga atmosphere yang kuat.


     |AUDIO| Gak cuma visual doang yang bikin penonton gak tenang, tapi audionya pun juga! Berhubung Kafir ini berlatarkan waktu di tahun 1900an, sehingga musik-musik yang digunakan pun juga musik-musik lawas. Dan entah kenapa, lagu-lagu lawas itu jadi terasa seram ketika ada di Kafir.


     |ACTING| Bisa dibilang hampir sepanjang film, Putri Ayudya menjadi pemegang kunci kesuksesan Kafir. Tanpa aktingnya yang maksimal, film ini akan terasa hambar. Tentunya peran-peran pendukung lain juga saling mensupport film ini dengan baik.


     |KESIMPULAN| Kafir hadir membawa premis yang menjanjikan dan aspek teknis yang terasa matang sejak saat trailer diputar. Namun sayangnya dari sisi penceritaan, Kafir masih butuh di kuatkan lagi, dan mengurangi jumpscare yang justru mengurangi sisi mencekam yang sudah bagus dibangun. #BanggaFilmIndonesia

0 komentar:

Post a Comment

Newest Review

Review FIlm Kafir (2018) : Asyik sih Kemasannya, Tapi...

     Perlu diakui semenjak beberapa film horor yang super laris di tahun 2017, membuat 2018 menjadi tahunnya film horor. Puluhan bahkan m...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi