Home » , , » Review Film Mata Batin (2017) : Salah Satu Horor Terbaik Tahun Ini!

Review Film Mata Batin (2017) : Salah Satu Horor Terbaik Tahun Ini!


     Mata Batin, sebuah karya baru dari Rocky Soraya bersama Rumah Produksi Hitmaker Studios. Tercatat pada tahun 2017, Hitmaker telah menelurkan dua film, yang pertama The Doll 2, lalu Mata Batin. The Doll 2 mendapatkan apresiasi yang baik, performanya mantap, dan meraih penonton lebih dari 1 juta. Lalu apakah Mata Batin bisa melampaui kesuksesan dari kakaknya?


     |POSTER & TRAILER| Potret Jessica Mila setengah badan dengan mulutnya yang sedikit terbuka, namun terisi dengan bola mata yang mengalirkan darah. Poster yang biasa. Gak terlalu menarik, gak juga istimewa. Tapi bukan poster yang buruk juga. Satu hal yang cukup asik adalah font judul MATA BATIN, yang dikasih efek blur-blur di bagian BATIN. Hal ini bikin judulnya gak monoton.


     Sebuah film sering bisa dinilai kualitasnya dari poster dari trailer, sebagai pandangan awal penonton sebelum menonton filmnya. Untuk poster Mata Batin, memang belum bisa ‘bicara banyak’. Namun teaser dan trailer Mata Batin patut diacungi jempol. Khususnya sinematografi penataan kamera yang digunakan Rocky untuk Mata Batin, sudah ‘dipamerkan’ dalam dua media promo video tersebut.


     |CERITA| Mata Batin belajar banyak dari film-film Hitmaker sebelumnya. Bisa dibilang, Mata Batin adalah penyempurnaan. Penggunaan plot yang bertumpuk tumpuk, membuat Mata Batin ‘mempermainkan’ tebakan penonton. Sehingga twist dalam Mata Batin, bisa bekerja dengan baik. Karakter tokohnya kuat untuk Alia dan Abel, begitu juga dengan Bu Windu. Sedangkan untuk Davin, sebenarnya masih bisa digali lebih dalam lagi. Mata Batin juga kaya dengan adegan seram dan gore, khasnya Rocky Soraya. Ini adalah film terbaik Hitmaker dan Rocky sejauh ini.


     |VISUAL| Treatment visual di Mata Batin, berbeda dari film-film Hitmaker dan Rocky sebelumnya. Movement camera lebih dinamis dan ini menyenangkan! Kualitas gambar yang tajam, pergerakan yang smooth, editing yang rapih, dan semua ini masih ditambah dengan wardrobe, make up dan artistik yang pas, gak berlebihan.


     |AUDIO| Untuk urusan suara, empuk dan renyah banget denger dialog di Mata Batin. Apalagi udah memakai Surround 7.1 juga. Musik ilustrasi juga semakin menambah keseruan dalam memainkan emosi penonton.


     |ACTING| Jessica Mila menampilkan akting terbaiknya disini. Apalagi waktu dia kesurupan, ah itu pecah! Deni Sumargo yang tak muncul banyak, tak terlalu menguras banyak kemampuan aktingnya. Yang keren juga itu yang jadi Abel, Bianca Hello. Aktingnya juga tak kalah apik dari Jessica Mila. Begitupun Citra Prima, tak perlu diragukan lagi kemampuan aktingnya. Nampaknya akan seru juga kalau di film selanjutnya, Hitmaker bisa mempertemukan Citra Prima dan Sarah Wijayanto.


     |KESIMPULAN| Mata Batin adalah film terbaik Hitmaker Studios dan Rocky Soraya. Semua aspeknya tergarap dengan baik. Cerita yang sudah jauh lebih matang, teknis yang semakin ‘liar’ bereksplorasi. Mata Batin menjadi salah satu film horor terbaik tahun ini. #BanggaFilmIndonesia

2 komentar:

  1. tadi malem nonton mata batin berdasar reviewnya blog ini, saya setuju bgt kalo di rating 4.5 xD

    ReplyDelete
  2. Gw juga gasuka posternya kesannya kayak Jessica mila lagi ngemut bola mata

    ReplyDelete

Newest Review

Review Film Ayat-Ayat Cinta 2 (2017) : Cinta hingga Lebam Membiru

     Hampir 10 tahun berlalu, the greatest love story Fahri dan Aisha kembali berlanjut. Bayang-bayang nama besar Ayat-Ayat Cinta, menj...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi