Home » , , , » Review Film Gerbang Neraka (2017) : FIksi Ilmiah Logis dan Minus Logika Cerita

Review Film Gerbang Neraka (2017) : FIksi Ilmiah Logis dan Minus Logika Cerita


     Entah kapan persisnya Legacy Pictures mengenalkan film Firegate. Dari gambaran-gambaran awal yang diperlihatkan, Firegate terlihat seperti film adventure misteri. Namun ketika akhirnya muncul tanggal releasenya dengan judul berubah, yakni Gerbang Neraka, Legacy menegaskan bahkan ini adalah film supernatural adventure horor. Sebuah genre yang bisa dibilang masih jarang di Indonesia. Lalu apakah film yang telah dinantikan kemunculannya sejak lama ini, dapat memuaskan penontonnya?


     |POSTER & TRAILER| Menampilkan tiga wajah tokoh kunci dalam film Gerbang Neraka, ada Reza Rahadian, Julie Estelle, dan Dwi Sasono. Dibawahnya ada Piramid Gunung Padang, sebagai objek cerita di film ini. Terlihat di dekat piramid ada sosok-sosok yang tak jelas wujudnya. Kedua hal tersebut, dipisahkan oleh judul Gerbang Neraka yang menggunakan font ala-ala api.


     Trailer Gerbang Neraka menarik. Gak lebay memunculkan sosok hantu berturut-turut, namun hanya dimunculkan bertahap, dan itupun gak full. Ini membuat penonton semakin penasaran dengan sosok Badurakh, dan sosok yang lain.


     |CERITA| Gerbang Neraka punya cerita fiksi dengan penjelasan ilmiah yang logis! Walaupun sayangnya, diluar keilmiahannya, Gerbang Neraka punya sisi kelemahan dalam logika bercerita dan kesinambungan ceritanya. Contohnya, ketika mereka kembali ke goa yang sudah tertutup, namun didalamnya tidak ada mayat, padahal adegan sebelumnya, ada orang yang terjebak disana. Termasuk juga, ketika di project Piramid Gunung Padang ini ada beberapa masalah, seperti kematian, tak terlihat pihak kepolisian disana. Namun diluar itu semua, Gerbang Neraka punya cerita yang seru dan menarik!


     |VISUAL| Sepertinya alasan Gerbang Neraka tertunda begitu lama, karena di dalam Gerbang Neraka punya banyak visual efek. Dan efeknya bisa dibilang cukup rapi. Selain itu, sosok Badurakh, sang 'hantu' di film Gerbang Neraka, juga punya desain yang keren! Riza Mantovani selalu punya desain hantu yang menarik.


     |AUDIO| Selain desain visual Badurakh yang keren, Badurakh juga punya suara yang megah sebagai sosok hantu. Musik ilustrasi sepanjang film berjalan, juga mendukung atmosfer mencekam.


     |ACTING| Julie Estelle bisa dbilang memang cocok untuk bermain di film-film mencekam seperti ini. Reza Rahadian yang bermain di film horor, bisa dibilang jarang-jarang terjadi. Seperti biasanya, akting Reza Rahadian selalu menarik, walaupun disini bukan penampilan terbaiknya. Dwi Sasono yang sudah identik dengan tokohnya yang lucu, dan di film ini sebagai tokoh serius, memang bisa dibilang lumayan memecahkan konsentrasi penonton. Entah ini hal positif atau negatif.


     |KESIMPULAN| Gerbang Neraka jelas belum sempurna. Namun ekplorasinya sebagai genre horor, patut diapresiasi. Gerbang Neraka juga bukanlah tontonan yang tak bisa dinikmati, kehadiran logika-logika ilmiah dan sosok Badurakh, masih menjadi daya tarik utama selain Piramid Gunung Padang itu sendiri. #BanggaFilmIndonesia

0 komentar:

Post a Comment

Newest Review

Review Film Dimsum Martabak (2018) : Manisnya Martabak, Gurihnya Dimsum

     Tahun ini Raffi Ahmad sedang bergairah untuk ikut memeriahkan industri film Indonesia dengan PH yang baru didirikannya, RA Pictures....

Popular Review

Archive

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi