Home » , , , » Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

   
     Sutradara terkesan sebagai pekerjaan seorang cowok, namun pada kenyataannya gak selalu seperti itu. Naya Anindita membuktikannya. Setelah Sundul Gan : The Story of Kaskus pada tahun 2016 yang lalu, sutradara cewek yang satu ini kembali merelease karya film terbarunya, Berangkat. Film ini mengisahkan tentang perjalanan sekelompok sahabat dari Jakarta ke Bali, tema seperti ini sering disebut sebagai road movie. Melalui banyak peristiwa, halangan, keseruan, dan apapun bisa terjadi selama dalam perjalanan. Lalu, apakah Naya Anindita berhasil menyalurkan energi 'Berangkat' kepada penontonnya?

Berhubung Nonton Bareng waktu itu tanpa tiket, jadi aku tampilin foto ini :)

     |POSTER & TRAILER| Kesan road movie sudah tergambar sejak awal melihat poster Berangkat. Munculnya VW Combi yang memang identik dengan travelling. Beberapa tokohpun berpose sesuai dengan karakternya masing-masing yang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Cukup simpel, hanya potret dan diberi beberapa tulisan seperti judul serta tokoh-tokoh.


     Trailer Film Berangkat cukup menarik, walaupun sebenarnya masih bisa dikemas jauh lebih baik. Pengenalan tokoh dan pengenalan konflik belum digambarkan dengan rapih. Beberapa stock footage yang keren maupun lucu, sebatas jadi pelengkap di trailer, tanpa menjadi bahan yang menarik. Trailernya tidaklah buruk, tapi masih bisa ditingkatkan lagi.


     |CERITA| Kisah yang sederhana, namun punya keterikatan yang cukup kuat antara satu pemain dan pemain lain, walaupun tak semuanya begitu. Tapi karena ini film komedi, jadi untuk beberapa hal yang tidak wajar, termaafkan. Alur ceritanya 'lurus-lurus' aja. Tapi walaupun begitu, masih ada twist-twist kecil sebagai gimmick cerita agar lebih menarik. Secara umum, ceritanya ringan untuk hiburan. Jadi jangan berharap cerita yang berat apalagi yang terlalu emosional.


     |VISUAL| Lokasi-lokasinya seru, untuk pengambilannya bagus, tapi sebenernya masih bisa diulik lebih lagi untuk lokasi yang sebagus itu. Kualitas gambar taja. Artistik cukup simpel. Ya gak ada yang terlalu istimewa sebenarnya, dan tidak buruk pula. Bisa diterima.


     |AUDIO| Departemen audio kurang lebih kasusnya sama dengan visual. Tidak buruk namun juga tak istimewa. Semuanya pas dan nyaman untuk dinikmati.


     |ACTING| Tara Budiman, Ringgo Agus Rahman dan Ayushita asyik banget main disini. Kalau Tanta Ginting, bagus, tapi masih kurang greget sedikit lagi. Sisanyaa okeee.


     |KESIMPULAN| Film Berangkat memang sebuah film genre drama komedi yang ringan. Bisa ditonton kapanpun dikala senggang, yang ingin tontonan tak berat dan cukup menyentuh. Segala kekurangan tak terlalu bermasalah, namun juga tak spesial. #BanggaFilmIndonesia

2 komentar:

Newest Review

Review Film Hujan Bulan Juni (2017) : Film dalam Balutan Puisi

     Hujan Bulan Juni, awalnya adalah novel karya Sapardi Djoko Darmono yang telah terbit sejak tahun 1994. Di tahun 2017 ini, Hestu Sa...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi