Home » , , , » Review Film Sweet 20 (2017) : Kebahagian yang HQQ

Review Film Sweet 20 (2017) : Kebahagian yang HQQ


     Sweet 20 adalah sebuah film hasil kerja sama Indonesia-Korea, antara Starvision & CJ Entertainment. Berawal dari kesuksesan Film Miss Granny di Korea, kemudian munculkan 'Miss Granny' dengan banyak versi secara resmi dari negara lain, seperti Vietnam, Cina, Jepang, Thailand dan Indonesia. Tayang di moment 'prime time' film Indonesia, yaitu di kala Libur Lebaran 2017. Lalu apakah Sweet 20 akan mendapat sambutan sehangat Miss Granny di negaranya?


     |POSTER & TRAILER| Poster Sweet 20 ada dua versi, pertama dengan background seperti disebuah gerbang atau di panggung dengan gorden warna ungu tua dan ornamen-ornamen malam, ada bulan sabit dan bintang. Tatjana Saphira berada di garda terdepan diantara pemain-pemain lain yang porsinya lebih kecil, dengan pose seperti sedang berbisik Tatjaya terlihat begitu manis.


     Pada poster yang satunya, dengan background yang sama namun warnanya hanya pink saja. Selain Tatjana dengan gaya malu-malu imutnya tersebut, tinggal ada tiga tokoh pendukung dibelakangnya, tidak seperti poster sebelumnya yang lebih rame. Poster yang kedua ini lebih simpel, dan fokus pada ke empat pemain utama ini. Walaupun Tatjana versi tua, alias Niniek L. Kariem tidak dimunculkan di poster ini.


     Moment lebaran tidak hanya sebagai waktu penayangan film ini saja, namun juga dimasukkan kedalam cerita Sweet 20. Termasuk pada trailer filmnya, yang kental sekali nuansa lebaran di awalnya, kemudian lambat laun durasi bergulir, berpindah topik dengan cara yang halus dan sangat menyenangkan. Pembuat trailer pintar menata adegan-adegan, dialog, musik, dan moment yang pas untuk ditampilkan di trailer.


     |CERITA| Sweet 20 memang karya adaptasi dari Miss Granny dari Korea, namun bukan berarti ceritanya sama persis. Tim Sweet 20 berhasil meracik cerita yang Indonesia banget disini. Lagu, gaya, budaya, inilah yang membuat Sweet 20 menjadi begitu relevan dan menyenangkan dinikmati orang Indonesia. Adaptasi bukanlah suatu hal yang mudah, merubah template yang sudah ada, disesuaikan dengan kondisi tertentu, dan membuat presepsi baru pada orang yang sudah menonton versi aslinya, itu bukan pekerjaan mudah. So sangat apresiasi untuk Sweet 20!



     |VISUAL| Vintage color full, mungkin ini konsep color gradingnya. Entah itu betul atau salah, tapi visual di Sweet 20 ini memang sweet. Ceria, seru, dan berwarna. Ditunjang dengan kualitas gambar yang tajam, pengambilan yang dinamis, dan editing yang rapih.


     |AUDIO| Unsur-unsur audio di Sweet 20 memang diperhatikan dengan baik. Tapi yang paling menjadi perhatian adalah musik ilustrasinya yang easy listening. Banyak lagu-lagu lawas yang di arransemen ulang menjadi modern dan seru untuk dinikmati kalangan milenial. Good job buat tim Sweet 20!


     |ACTING| Tatjana Saphira benar-benar mempesona untuk segala alasan di film ini. Seluruh pemain Sweet 20 tak ada yang bermain jelek sampai-sampai merusak mood. Ah.. Sweet 20 paket komplit sih, pemerannya rame alias banyak, namun setiap orang bisa berperan sesuai dengan porsinya masing-masing.


     |KESIMPULAN| Sweet 20 bukan sekedar film remake, namun sebuah karya film yang patut sekali untuk di apresiasi. Production value yang besar, eksekusi yang niat, dan menghasilkan karya yang benar-benar menyenangkan, karena Sweet 20 berhasil membuat penonton tertawa hingga menitikkan air mata. #BanggaFilmIndonesia


1 komentar:

Newest Review

Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

         Sutradara terkesan sebagai pekerjaan seorang cowok, namun pada kenyataannya gak selalu seperti itu. Naya Anindita membuktikannya...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi