Home » , , » Review Film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody (2017) : Arti Sahabat Sesungguhnya

Review Film Filosofi Kopi 2 Ben & Jody (2017) : Arti Sahabat Sesungguhnya


     Kesuksesan Film Filosofi Kopi membawa inspirasi Angga Dwimas Sasongko dan timnya untuk membuat sesuatu dari film ini. Selain ada Kedai Filosofi Kopi yang sesungguhnya, lalu tercetuslah sekuelnya, Ben & Jody. Film kedua ini dibuat masih berdasarkan karakter Ben & Jody yang sudah dibuat oleh Dee sebelumnya. Tidak cuma film panjang bioskop, namun juga ada karya lain seperti kedai baru di Jogja, drama radio, dan karya jenis lain. Namun untuk film panjang bioskopnya sendiri, apakah akan melebihi kesuksesan film yang pertama?


     |POSTER & TRAILER| Poster yang terkesan memiliki dua bagian, atas merupakan potret close up dari masing-masing tokoh dengan tone warna cenderung gelap, dan bagian bawah dengan potret tokoh beserta mobil combinya dengan tone warna yang cerah. Ini adalah perpaduan yang sangat menarik. Menimbulkan kesan yang hangat, sekaligus sejuk. Peletakan judul di batas kedua bagian ini, adalah ide yang bagus.


     Tempo trailernya cepat, begitu dinamis, namun juga dalam trailernya tak hanya bagian senangnya saja, namun juga cuplikan konflik dihadirkan disini. Paket lengkap dengan dialog-dialog sakti plus tatanan musik dan visual yang ciamik membuat penonton terhipnotis. Durasi trailer selama 2 menit lebih pun tak jadi terasa lama.


     |CERITA| Filosofi Kopi 2 merupakan kelanjutan dari film yang pertama memang, namun bagi penonton yang kelewatan film pertama, tak menjadi masalah ketika akan menikmati film kedua ini. Film ini punya alur yang santai namun cepat, dinamis. Keempat tokoh utama, memiliki peran besar dalam pergerakan roda cerita yang begitu kompleks ini. Satu saja tokoh dihilangkan, cerita di film ini pincang. Inilah dasar penokohan yang bagus. Dinamika emosi penonton juga dimainkan. Persahabatan sebagai tema besar, percintaan, bisnis dan beberapa hal lain jadi tema pendukungnya.


     |VISUAL| Tampilan gambar Filosofi Kopi 2 begitu cantik. Color grading yang nyaman dipandang, kualitas ketajaman gambar yang nikmat, pengambilan gambar yang disesuaikan dengan adegan, semua terasa manis dilihat mata.


     |AUDIO| Musik jadi satu poin yang menonjol dari Ben & Jody. Sepanjang film diiringi oleh musik ilustrasi yang santai, nyaman, seru, bikin aura film ini jadi menjadi 'hangat' atau lebih akrab dengan penontonnya. Untuk dialog, foley, sound effect tak perli diragukan, semuanya bagus.


     |CAST| Luna Maya, Rio Dewanto, Nadine Alexandra dan Chicco Jerikho punya akting yang sangat jempolan! Setiap tokoh dapat membawakan karakternya masing-masing, begitu bernyawa, dan natural. Mereka berempat juga terasa sekali chemistrynya di film ini.

   
     |KESIMPULAN| Film Filosofi Kopi 2 menjadi sebuah sajian film tentang persahabatan yang sangat kuat, percintaan yang hangat, keluarga yang dalam, dan gak ada alasan untuk melewatkan film ini. Satu lagi, Angga Dwimas Sasongko berhasil membuat karya terbaiknya. #BanggaFilmIndonesia

0 komentar:

Post a Comment

Newest Review

Review Film Jomblo (2017) : Awas Bikin Baper!

     Hanung Bramantyo kembali memfilmkan novel karya Adhitya Mulya yang berjudul Jomblo. Sebelumnya Hanung pernah membuatnya di tahun 200...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi