Home » , , » Review Film Barakati (2016) : Penuh Teka-Teki, Seru & Menyenangkan

Review Film Barakati (2016) : Penuh Teka-Teki, Seru & Menyenangkan


     Dalam waktu yang hampir bersamaan, Monty Tiwa mengeluarkan dua judul film, Shy Shy Cat dan Barakati. Dengan Fedi Nuril & Acha Septriasa yang bermain di kedua film ini. Monty Tiwa, Fedi Nuril dan Acha Septriasa memang bukanlah pemain baru dalam dunia film. Kemampuannya sudah tak diragukan lagi. Lalu bagaimana kualitas film Barakati yang sejatinya release di tahun 2014 ini?


     |POSTER & TRAILER| Menampilkan beberapa tokoh dengan wajah yang sesuai dengan karakter masing-masing. Komposisi, pewarnaan, pemilihan font dan lain-lain, seru, menarik, dan cukup menggambarkan film ini cukup misterius dan memberikan teka-teki.


     Trailernya menarik. Pembuat trailer bisa menempatkan beragam macam scene yang disusun dan berhasil membuat penonton semakin penasaran dengan filmnya. Apalagi film ini mengangkat kisah tentang penelusuran misteri hari-hari terakhir Gajah Mada di Majapahit. Membuat nilai jual film ini semakin tinggi.


     |CERITA| Premis yang dibawa film ini udah sangat menarik. Masih sangat jarang film Indonesia yang mengangkat tema kerajaan, kebudayaan, dan petualangan seperti ini. Menarik! Cerita dibawakan dengan tempo sedang, pembawaan tidak berat, namun juga tidak ringan, dengan plot cerita yang diatur sedemikian rupa, membuat Barakati seru untuk di tonton sampai akhir.


     |VISUAL| Secara kualitas gambar, Barakati memang bukan yang terjernih maupun yang tertajam, namun masih nyaman untuk ditonton di layar lebar. CGI di filmnya masih cukup kasar, namun tak menjadi masalah jika kita fokus pada treatment editannya yang dramatis. Coloring dibuat warna yang cukup 'tradisional' ala-ala film lampau. Kalau dari sisi artistik, memang Barakati kurang memperhatikan detail, seperti daun lontar yang 'seberharga' itu, kurang diperlakukan secara istimewa, dan beberapa kasus lain.


     |AUDIO| Musik ilustrasi Barakati, punya gaya dan warna tersendiri. Jika dalam adegan action sering menggunakan musik tempo cepat, Barakati punya treatment 'dramatis' untuk beberapa adegan action. Ini menarik. Sound effect juga bermain banyak disini.


     |ACTING| Fedi Nuril punya acting yang sangat kuat sebagai Abdul Manan. Fedi begitu totalitas dalam film ini. Dia memang cocok untuk memerankan karakter yang memiliki jika petualang seperti di film ini. Acha Septriasa pun begitu. Dibalik sosoknya yang pintar dalam memerankan Wa Ambe yang memiliki sisi dramatis, Acha juga bisa berperan serius bahkan melakukan sedikit adegan action. Dwi Sasono, pemeran pembantu yang karakternya 'dia banget'. Keliatannya baik, kalem, tapi diam-diam menusuk, alias licik. Sedangkan Jono, aktingnya lumayan.


     |KESIMPULAN| Barakati membawa angin segar terhadap perfilman Indonesia dengan tema yang diangkatnya masih sangat jarang diangkat. Misteri, teka-teki, bumbu komedi dan romantis yang disampaikan film ini, membuat penonton betah untuk menonton film ini dari awal sampai selesai. Terlepas dari detail film ini yang tidak terlalu mengganggu, Barakati menjadi film yang direkomendasikan untuk ditonton. #BanggaFilmIndonesia

0 komentar:

Post a Comment

Newest Review

Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

         Sutradara terkesan sebagai pekerjaan seorang cowok, namun pada kenyataannya gak selalu seperti itu. Naya Anindita membuktikannya...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi