Home » , , » Review Film Bangkit! (2016) : Drama Emosional Berlatar Bencana

Review Film Bangkit! (2016) : Drama Emosional Berlatar Bencana


     Indonesia kembali punya film dengan effect CGI yang akan muncul di sepanjang film, Bangkit. Awal tahun lalu, Garuda Superhero sudah mencoba menggunakan teknologi ini, namun dinilai masih sangat kurang. Lalu bagaimana dengan Bangkit?


     |POSTER & TRAILER| Poster officialnya langsung memajang gambaran air dari banjir yang menerjang, dengan seorang tokoh yang berdiri membelakangi. Cukup simpel, tapi mungkin bagi sebagian orang agak bingung dengan latar tempat di poster, kecuali kalau udah nonton filmnya, tau kalau itu terowongan. Yaa itu gak masalah sih, masalah konsep aja. Poster ini keren dan menarik. Tapi lebih keren yang bawah ini sebenernya.


     Trailernya sendiri menunjukkan cuplikan-cuplikan effect bencana yang akan muncul di Bangkit, bagus memang sebagai media promonya sebagai film disaster dengan effect yang jarang ditemui di Indonesia. Namun kekuatan dramanya yang baik, tak terlalu dimunculkan di trailer, sayang jadinya.


     |CERITA| Bangkit membawa kisah drama keluarga dan cinta yang dewasa kedalam cerita di tengah konflik kebencanaannya. Dramanya dapet, emosionalnya dapet, ketegangan, kesedihan, terharu, ketakutan,bakal dirasain penonton saat nonton film ini. Walaupun penceritaannya masih terdapat kekurangan, miss di beberapa detail dan ending yang terasa kurang logis, tapi semua itu tertutupi oleh dramanya yang kuat.


     |VISUAL| Bagian visual Bangkit pasti bakal seru dan menarik, tidak lain dan bukan karena effect CGI yang digunakannya. Bisa dibilang Indonesia udah sampai ke tahap Bangkit ini, udah keren banget. Plis jangan bandingin effectnya sama film luar negeri yang udah mulai mainan effect dari jaman dulu, bandingkan aja sama Garuda Superhero, Bangkit sudah jauh lebih baik. Diluar effectnya, pengambilan gambar, coloring, artistiknya keren juga, tapi bagian make up agak kurang spesial. Beberapa make up effectnya terlihat biasa dan kurang natural.


     |AUDIO| Musik ilustrasinya mantab, pembangungan emosinya dapet banget dibantu sama musik. Untuk masalah dubbing, oke, tapi terkadang ada yang delay. Untuk foley di film ini juga detail, sehingga effect-effect di visual terasa semakin nyata karena foleynya enak. Soundtrack dari Nidji juga seru.


     |ACTING| Vino G. Bastian sebagai lead actor yang mengesankan, aktingnya bagus. Penonton bisa terbawa untuk bersimpati pada tokohnya, dilemanya sebagai seorang anggota tim Basarnas yang juga harus meninggalkan keluarga dengan segala dramanya, berhasil sampai ke penonton dengan baik. Putri Ayudya juga berperan penuh emosional, asyik banget dia mainnya. Acha Septriasa dan Deva Mahenra juga tetap dengan karakternya masing-masing dengan aktingnya yang menyenangkan. Dan penampilan mengagumkan juga ditunjukkan oleh Adryan Bima yang berperan sebagai anaknya Addri dan Indri, dia terlihat natural dan anak-anak banget.


     |KESIMPULAN| Film Bangkit adalah film drama dengan emosional yang bagus, film ini mampu mengguncang emosi penontonnya dengan nyaman. Kekuatan acting para pemainnya kuat, ceritanya yang juga masih jarang ditemukan di Indonesia dengan visual effect yang keren, diluar kelemahannya di beberapa lini, seperti detail cerita dan effect yang masih bisa disempurnakan, Bangkit hadir sebagai sebuah film yang mengesankan dan memberikan pengalaman menonton film Indonesia yang berbeda. #BanggaFilmIndonesia

2 komentar:

  1. effect CGI nya emang blm terlalu oke, tapi overall good lah buat pertama di indo heehe

    Download Film HD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan yang pertama sebenarnya, tapi memang Bangkit ini jadi moment kebangkitan juga di teknologi perfilman Indonesia #BanggaFilmIndonesia

      Delete

Newest Review

Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

         Sutradara terkesan sebagai pekerjaan seorang cowok, namun pada kenyataannya gak selalu seperti itu. Naya Anindita membuktikannya...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi