Home » , » Review Film Rudy Habibie (2016) : Cerdas Menghibur Menginspirasi

Review Film Rudy Habibie (2016) : Cerdas Menghibur Menginspirasi


     Setelah 3,5 tahun dari Habibie & Ainun, MD Pictures mengeluarkan sekuelnya yang diberi judul Rudy Habibie. Jika film pertamanya digarap Sutradara Faozan Rizal, sekuelnya diambil alih oleh Hanung Bramantyo. Sedangkan untuk pemeran Habibie, tetap diperankan oleh Reza Rahadian. Untuk pengisi original soundtrack, diserahkan pada Cakra Khan dan CJR, tentunya masih dengan gubahan lagu Melly Goeslaw dan Antoe Hoed.


     |POSTER & TRAILER| Sejak kemunculan teaser poster pertama dan kedua, Rudy Habibie hadir dengan kesederhanaan yang memukau. Konsepnya berupa potrait foto dari tokoh utama, Rudy Habibie, tanpa banyak pernak-pernik lain. Fokus, jelas, menawan dan elegan. Begitupun dengan poster officialnya. Masih dengan konsep potrait, hanya kali ini dengan beberapa pemeran pendukung. Komposisi foto, tulisan, pewarnaan, ekspresi, terasa 'renyah' dipandangi.


     Trailer Rudy Habibie itu berkesan. Ada senang, sedih, baper, tegang dan semua itu diperkuat oleh editing visual dan pemberian musik ilustrasi yang kuat rohnya. Semua itu berhasil membius, membingungkan dan meracuni calon penonton untuk segera datang ke bioskop.


     |CERITA| Semua kisah tentang Rudy Habibie sejak masa kecil hingga saat kuliah di RWTH Aachen, Jerman Barat. Sekitar 70% cerita berjalan dimasa kuliah. Seperti gaya film Hanung sebelumnya, Rudy Habibie punya penceritaan yang padat, tempo cepat, tapi penggarapan dramatisnya mendalam dan pasti diselingi lelucon ringan pemecah tawa.


     Bahkan tak perlu waktu lama untuk film ini membawa penonton ke perasaan yang dalam. Baik untuk merasakan sedih, senang, bimbang, ketakutan, tegang, semuanya dicampur adukkan dan berhasil memainkan emosi penonton, dari awal sampai akhir film. Bahkan dengan cerita yang kompleks sekalipun, Rudy Habibie menjabarkannya dengan ringan untuk dinikmati banyak kalangan, namun tetap menjadi tontonan yang berkualitas.


     |VISUAL| Kamera yang digunakan di film ini, sudah mengakomodir keperluan visual untuk menyajikan gambar yang bagus. Tipe shotnya sering menggunakan close up, bahkan extreme close up, cukup membuat tingkat dramatisasi meningkat cepat. Rudy Habibie juga menggunakan effect visual yang ada di beberapa tempat, hasilnya juga halus.


     |AUDIO| Untuk audio gak perlu di ragukan lagi. Proses Sound Mix yang dikerjakan di Los Angeles, USA, membawa telinga penonton ke sensasi menonton dengan kualitas audio yang megah. Diluar memang musik ilustrasi musik, sound effect, foley, dubbing, soundtrack dan segala bentuk audio di Rudy Habibie memang memiliki kualitas yang baik. Soundtrack dari Melly Goeslaw dan Antoe Hoed yang dinyanyikan Cakra Khan - Mencari Cinta Sejati, juga keren.


     |ACTING| Udah sering ngereview akting Reza Rahadian. Sekali lagi dia memukau. Chelsea Islan pun begitu. Kemampuan aktingnya membuat penonton ikutan baper kalau dia lagi berduaan sama Rudy Habibie, haha. Pemain lain juga keren-keren, kalau disebutin satu-satu, bakal banyak. Tapi yang cukup menarik perhatian adalah Ernest Prakasa, dia terlihat sangat natural memainkan perannya.


     |KESIMPULAN| Telah lahir kembali film Indonesia dengan kualitas prima. Sosok Presiden Ke-3 Indonesia di masa mudanya, berhasil dibawa ke layar lebar dengan begitu awesome! Dua kata pesan untuk kamu, HARUS NONTON! #BanggaFilmIndonesia



     Kalau pengen lihat keseruanku waktu datang ke Gala Premiere Film Rudy Habibie di Hartono Mall Jogja, bisa nonton di

2 komentar:

  1. wuaa bikin pingin nonton juga:"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan nonton Bar, aku aja udah pengen nonton ketiga kalinya, haha.

      Delete

Newest Review

Review Film Dear Nathan (2017) : Kisah Cinta Romantis Anak SMA

     Satu lagi suguhan drama percintaan dengan background anak sekolahan. Tema yang cukup sering diangkat menjadi film. Sebut saja Ada Ap...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi