Home » , » Review Film Negeri Van Oranje (2015) : Cerita Sederhana, Kemasan Menawan

Review Film Negeri Van Oranje (2015) : Cerita Sederhana, Kemasan Menawan


     Negeri Van Oranje adalah satu dari sekian banyak pilihan film Indonesia di penghujung tahun 2015. Dari sekian banyak film, beberapa diantaranya merupakan adaptasi dari novel, termasuk Negeri Van Oranje. Jika kita flashback dengan film adaptasi dari novel, ada yang berhasil dan menuai sukses, tapi banyak juga yang gagal. Lalu bagaimana dengan Negeri Van Oranje?


     |POSTER & TRAILER| Menampilkan ke-5 pemeran utama dengan background yang identik dengan Belanda, poster Negeri Van Oranje tampil dengan prima. Konsep persahabatan di cerita, berhasil dituangkan ke dalam poster. Kesan yang muncul sejak pertama melihatnya, begitu berwarna, ceria, senang, seperti yang ingin disampaikan filmnya.


     Trailernya itu kayak bentuk visualnya dari poster, yaaa seru, berwarna, ceria, dan bisa menunjukkan kedekatan mereka selayaknya sahabat. Tapi setelah aku lihat trailernya lagi, habis nonton filmnya, aku sadar kalau ada beberapa part di trailer yang gak muncul di film. Padahal aku pikir, itu bagian-bagian yang cukup memacu emosi. Entah apa alasannya.


     |CERITA| Sederhana sekali, cerita tentang persahabatan yang terdapat romansa cinta di dalamnya. Tanpa gak ada konflik yang berarti didalam film ini. Semuanya berjalan cukup mulus, kalaupun ada masalah, itu gak akan bertahan lama, dan cepat untuk diselesaikan. Bisa dikatakan, film ini dibuat dengan sangat ringan. Inovasi alur yang maju-mundur pun, tidak membuat penonton berpikir terlalu banyak. Tapi dampaknya, penonton juga tidak mendapatkan emosi yang berarti pula.


     |VISUAL| Gambarnya cantik, editannya unik, kesan yang disampaikan gambar, beragam sampai ke penonton. Mulai dari ceria, terharu, bingung, semuanya tersampaikan. Kualitas gambar juga baik walaupun malam hari. Sepertinya hampir semua shot di ambil di lokasi yang sesungguhnya, atau malah gak ada yang greenscreen, nice.


     |AUDIO| Detail foley bisa didengarkan dengan jernih dan natural, seperti langkah kaki, buka tutup pintu, dan banyak lainnya. Walaupun sempet tadi denger, saat taruh piring di meja yang ada tatakan kainnya, seharusnya suaranya ada redam, tapi yang muncul gak seperti itu, hehe. Untuk musik ilustrasi, bagus, dubbingan juga rapi. Tapi untuk atmosphere kurang terasa sih.


     |ACTING| Aku terkesan dengan kecantikan Tatjana Saphira, eh, kecantikan wajah dan aktingnya, hehe. Dia dan ke-4 sahabat lainnya, bisa membangun chemistry dengan baik selayaknya sekelompok sahabat dekat. Chicco Jerikho udah gak aku raguin lagi kemampuan aktingnya, bahkan sejak sebelum nonton filmnya. Kalau Abimana, aku hanya takut dia belum bisa move on dari 'Rangga' (99 Cahaya di Langit Eropa), tapi ternyata ketakutanku tak terbukti. Abimana bisa meyakinkan penonton, kalau dia adalah Wicak. Sedangkan Ge Pamungkas menjadi yang paling aku underestimate, tapi ternyata dia juga bisa berakting dengan baik.


     |KESIMPULAN| Negeri Van Oranje adalah salah satu film adaptasi dari novel laris yang diproduksi dengan tidak main-main, baik secara budget, cast, crew, dan hasilnya bagus. Film tentang persahabatan yang menghibur, seru, dan satu poin lain, film ini ringan untuk ditonton siapapun yang butuh hiburan, hehe. #BanggaFilmIndonesia

0 komentar:

Post a Comment

Newest Review

Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

         Sutradara terkesan sebagai pekerjaan seorang cowok, namun pada kenyataannya gak selalu seperti itu. Naya Anindita membuktikannya...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi