Home » , » Review Film Misterius (2015) : Salah Satu Film Horor Temalesin

Review Film Misterius (2015) : Salah Satu Film Horor Temalesin


     Film horor ke-3 dari Muhammad Yusuf, setelah Kemasukan Setan (2013) & Angker (2014). Terdengar cukup unik memang, dengan nama yang cukup agamis, sutradara berani membuat film horor. Apakah horornya menjadi religi? Hehe.


     |POSTER & TRAILER| Poster utamanya aja udah nunjukin kalau film ini digarap dengan apa adanya. Warna tidak menyenangkan, efek aneh, dan sebenernya dari judul juga udah aneh. Trailer juga apa adanya, memanfaatkan puing-puing dari film yang bisa dimanfaatkan untuk promo, tapi gak maksimal.


     |CERITA| Judul aja agak jelas, gak menunjukkan cerita apa-apa. Naskah hancur parah. Ini film gak tau mau dibawa kemana. Sebenernya film ini cuma dibuat film pendek 10 menitan aja udah jadi, bahkan lebih bagus pasti. Kesannya adegan yang pendek di panjang-panjangin, dan itu menjemukkan.


     |VISUAL| Awalnya penilaianku bagus, tapi itu cuma bertahan 1 menit awal. Setelah itu.... kecewa dan bikin males. Motivasi pengambilan shotnya gak ada, beauty shotnya ada sih, di 1 menit awal itu, sisanya shot menyebalkan, hanya stady, atau follow yang lamaaaaa banget, atau nunjukin suatu adegan secara utuh, kayak proses mati seseorang, dari hidup sampai bener-bener mati. Mungkin maksudnya biar penonton menikmati, tapi malah eneg.


     |AUDIO| Awalnya aku juga cukup suka, tapi cuma 1 menit awal. Sisanya jelek. Jump scarenya gak sopan, alias cara nganggetinnya gak elegan. Antara mulut aktor dan suara juga gak sinkron. Yang patut diacungi baik adalah foleynya. Digarap dengan serius, teliti, dan detail, walaupun sedikit sarannya, untuk dibuat sedikit lagi lebih di balancing, biar lebih natural.


     |ACTING| Satu-satunya pemain yang kemampuannya lumayan adalah Lia Waode, tapi itupun juga agak malesin gara-gara teknik pengambilan gambarnya seperti ini. Pemain lain dibawah standar. Baik kemampuan maupun fisik. Tak perlu dipungkiri, walaupun gak menuntut artis itu ganteng atau cantik, tapi kalau udah gak punya kemampuan, fisik juga kurang, jadi tambah jenuh.


     |KESIMPULAN| Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menikmati sebuah karya film. Dari pengalamanku nonton film, MISTERIUS ini tidak jauh berbeda dengan TES NYALI yang juga telah mengecewakanku saat menontonnya di tahun ini. Lalu poin positif yang tertinggal di film ini hanyalah.... foley, udah itu. # BanggaFilmIndonesia

2 komentar:

  1. aku malah suka film ini. minim dialog, eksplorasi karakter, statis, tapi bikin sesak banget. memang niat awalnya pengen ditakut-takutin aja sih. jadi gak mau pusing soal penceritaan. hehe. aku nonton di laptop aja udah merinding banget, apalagi di bioskop ya za, sendirian lagi. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman orang emang beda-beda dalam menonton, haha

      #BanggaFilmIndonesia

      Delete

Newest Review

Review Film Hujan Bulan Juni (2017) : Film dalam Balutan Puisi

     Hujan Bulan Juni, awalnya adalah novel karya Sapardi Djoko Darmono yang telah terbit sejak tahun 1994. Di tahun 2017 ini, Hestu Sa...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi