Home » , , , » Review Film Hijab (2015) : Colorful Story, Colorful Hijab

Review Film Hijab (2015) : Colorful Story, Colorful Hijab


     HIJAB datang membawa udara segar karya Hanung Bramantyo yang dari kemaren sibuk dengan film "berat" penuh kontroversi seperti Soekarno, Sang Pencerah, dan Tanda Tanya. Film drama komedi ini, menyuguhkan kisah persahabatan ibu-ibu muda gaul yang diperankan oleh Carissa Puteri, Zaskia Adya Mecca, Tika Bravani, dan Natasha Rizky. Sejak release di bioskop seluruh Indonesia pada 15 Januari 2015, Film Hijab mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari berbagai kalangan yang bisa di cek di media sosial seperti twitter.


     |POSTER & TRAILER| Kesan pertama yang muncul adalah colorful, ceria, gembira, lucu, dan asyik! Konsep yang seru, penggabungan antara photografi yang indah dan animasi yang pas dengan tema Hijab. Gak norak dan memang kesan pada poster ini, mencerminkan filmnya.
     Trailer dikemas dengan menarik. Menunjukkan beberapa adegan yang bikin penasaran, dengan statement yang keren, tapi jangan khawatir Hijab kehabisan quotenya, karena yang di trailer, belum ada apa-apanya. Di dalam filmnya, Hijab memberikan jauh lebih, dari yang sudah ditawarkan di trailer yang keren itu.


     |CERITA| Penceritaan di Hijab pakai alur maju-mundur dan bermain twist disana-sini. Tapi jangan takut bakal mikir keras disini, Hijab punya cerita yang ringan tapi tetap berbobot. Persahabatan emang jadi pondasi utama di film yang juga dibalut dengan bumbu Islami ini. Sekali lagi, jangan takut nonton film ini, sekalipun kamu bukan muslim, karena masalah film ini tetap general. Satu hal lain yang aku apresiasi tinggi itu, komedi di film ini keren abiss!! Bikin aku dan penonton lain ketawa terpingkal-pingkal, dan itu terjadi berkali-kali.


     |VISUAL| Poster dan trailer Hijab sudah menggambarkan betapa berwarnanya visual Hijab. Shot-shot yang diambil sangat indah dan masih jarang digunakan, seperti saat mengambil gambar teh yang dituang ke gelas diambil close up dari atas gelas, dan masih banyak shot keren lainnya. Pilihan shot yang tepat dan sesuai porsi. Ada visual animasi yang digunakan, seperti saat shot gedung catwalk di akhir, dan itu bagus, terlihat real. Walaupun terkadang ada potongan adegan yang kurang pas editingnya kalau diperhatikan detail, tapi itu gak menganggu juga.


     |AUDIO| Scoring film ini digarap sangat pas dengan suasananya. Waktu bahagia, bisa pas banget, waktu sedih, terharu, marah, semuanya dikerjakan dengan baik. Beberapa soundtrack yang dipakai, ada beberapa lagu dari Andien. Penyanyi yang cocok dengan Film Hijab ini. Apalagi waktu di adegan akhir-akhir, suara Andien bener-bener bikin perasaan tersentuh. Selain itu, beberapa soundeffect untuk adegan-adegan lucu, juga sukses membuat penonton Hijab tertawa puas.


     |ACTING| Jujur aku bingung, diantara Carissa Puteri, Zaskia Adya Mecca, Tika Bravani, dan Natasha Rizky, siapa yang lebih baik. Karena semua pemeran utama Hijab, menjalankan aktingnya dengan sangat natural. Termasuk juga Nino Fernandez, Mike Lucock, Dion Wiyoko, dan Ananda Omesh, yang berperan sebagai suami dan kekasih wanita-wanita Hijab, akting dengan mengesankan. Peran pembantu lain pun juga tak kalah keren, termasuk Hodijah a.k.a. Dijah Yellow, gak percaya? Nonton ajaaa.


     |KESIMPULAN| Film Hijab hadir dengan keceriaan yang berbeda dari yang pernah di berikan oleh sang sutradara, Hanung Bramantyo, aku bisa bilang, ini salah satu karya terbaik dari sutradara asal Yogyakarta ini. Very recomended! #BanggaFilmIndonesia #CintaFilmIndonesia


0 komentar:

Post a Comment

Newest Review

Review Film Berangkat (2017) : Ringan, Seru dan Asyik

         Sutradara terkesan sebagai pekerjaan seorang cowok, namun pada kenyataannya gak selalu seperti itu. Naya Anindita membuktikannya...

Popular Review

Followers

 
Copyright © 2016 Riza Pahlevi